-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Destinasi Wisata Di Tasik Utara Yang Paling Tua Adalah Pemandian Air Panas Cipacing.

Tindak Online
Rabu, 12 Juni 2019, Rabu, Juni 12, 2019 WIB Last Updated 2019-06-12T02:26:31Z

Tasikmalaya Utara,TINDAKMEDIA. COM-Tidak ada literatur sejarah yang pasti yang menuliskan bagaimana dan sejak kapan Obyek Wisata Air Panas di Desa Banjarsari mulai dibuka dan dijadikan tempat pemandian umum, yang jelas keberadaan sumber air panas alami yang merupakan aliran dari panas bumi Gunung Galunggung ini, sudah sejak nenek moyang orang Cipacing mulai hidup dan bercocok tanam diwilayah Cipacing Pagerageung.

 Maka otomatis keberadaan air panas ini sangat identik dengan Kampung Cipacing, ketimbang Banjarsari. Kenapa ?? karena Desa Banjarsari yang secara geopolitik menguasai sumber air Cipanas, awalnya adalah wilayah administratip Kecamatan Pagerageung, sebelum kemudian dimekarkan menjadi Kecamatan Sukaresik dan Kecamatan Pagerageung,dimana sebelum pemekaran Kecamatan, Obyek Wisata Air Panas Cipacing berada diwilayah Desa Cipacing Kecamatan Pagerageung. Maka jangan aneh jika sampai sekarang terkenal sebagai pemandian air panas Cipacing.

Sumber air panas ini mengandung sulfur dan belerang yang bisa menjadi terapi pengobatan. Bukan hanya untuk mengobati penyalit kulit seperti eksim, kudis, kurap, gatal jamur, juga bisa untuk terapi pengobatan penyakit tulang dan persendian, seperti encok dan rematik.
Maka sampai saat ini pemandian air panas Cipacing tetap eksis dan telah menjadi Obyek Tujuan Wisata yang tak kalah dengan obyek wisata lainnya di Tasik Utara yang terhitung masih baru berdiri. Apalagi jika pada musim liburan dan Hari Raya ldul Fitri.

Obyek Wisata Pemandian Air Panas yang sudah dikelola oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Tasikmalaya ini, semakin ramai dikunjungi karena sudah dibangun dan ditata dengan apik. Selain menyediakan kamar mandi dan kolam renang untuk berendam, juga dibuat gazebo jumbo sebagai tempat nangkring sehabis berendam air panas.

Lokasinya sangat strategis karena berada dipinggir jalan raya Cipacing-Pagerageung. Mudah ditempuh dari arah mana pun, tanpa harus muter muter mencari arah kompas yang menunjukkan dimana lokasi Cipanas Cipacing.

Kunjungi sekarang juga karena selain berwisata juga untuk teraphi pengobatan yang murah meriah.***MS
Komentar

Tampilkan

  • Destinasi Wisata Di Tasik Utara Yang Paling Tua Adalah Pemandian Air Panas Cipacing.
  • 0

Terkini